Baterai BlackBerry Dakota & Montana Boros?

Sepak terjang BlackBerry Bold 9900 Dakota dan Bold 9930 Montana rupanya dihinggapi isu tak sedap. Rumornya pun sangat krusial: daya tahan baterai kedua BlackBerry ber-OS7 ini boros.

Isu ini pertama kali kami endus pada sesi #testroom BlackBerry Bold 9930 lalu. Awalnya kami beranggapan kasus ini hanyalah kebetulan. Sebab unit Montana yang diuji bergaransi distributor –bukan garansi resmi TAM.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, rupanya seorang pengguna di ITC Roxi Mas pun menuturkan hal serupa. “Baterai BB 9930 ini memang lumayan boros dan panas. Tapi kalau 3G dimatikan (GPRS only) daya tahannya cukup lama dan panasnya juga normal”, ujar seorang pengguna yang tidak mau disebut namanya.

Penasaran dengan kasus ini, kami pun melakukan pengetesan ulang pada Bold 9930. Benar saja, daya tahan baterai BlackBerry QWERTY berlayar sentuh ini memang terbilang boros. Pada moda 3G aktif dan pemakaian normal, Montana hanya mampu bertahan 5-6 jam. Tetapi ketika dipindah ke moda “GPRS only”, handset dapat bertahan sampai dua kalinya (sekitar 12 jam).

Daya tahan Bold 9900 ternyata setali tiga uang. Meski hanya mendukung jaringan GSM (tak seperti Montana yang dual-mode GSM-CDMA), masa hidup Dakota tak jauh dari 5 jam. Sementara jika mematikan HSDPA, bisa aktif sampai seharian penuh (sekitar 12 jam).

Analisa awal kami untuk kasus ini terletak pada hardware dan kapasitas baterai. Seperti diketahui, kedua handset berbasis BB 7 OS ini membawa komponen kelas atas seperti prosesor 1,2 GHz, memori RAM 768 MB, modul HSDPA, WiFi, serta layar sentuh kapasitif. Komponen-komponen tersebut merupakan elemen yang rakus daya. Sementara Dakota dan Montana hanya disokong oleh baterai jenis Li-ion berkapasitas 1230 mAh. Lebih rendah dari 9780 Onyx 2 yang mengusung baterai jenis Li-Po 1500 mAh. Maka sangat wajar daya tahan baterai Dakota dan Montana pun lebih pendek.

Yang kedua, terletak pada sisi perangkat lunak yang tak lain adalah BlackBerry 7 OS. Pihak RIM memang mengklaim bahwa OS anyar ini akan lebih irit dalam hal konsumsi daya. Namun dengan berlimpahnya fasilitas baru yang lebih kaya, agaknya klaim tersebut harus diuji lebih lanjut.

Dengan kondisi tersebut, untuk sementara waktu, kami menyimpulkan bahwa borosnya daya tahan BB Dakota dan Montana terbilang wajar. Ya, karena kapasitas baterai yang kecil. Atau bisa jadi karena masih ada bug (celah) pada OS yang mengakibatkan konsumsi baterai lebih besar. Well, kami berharap kasus ini terletak pada alasan kedua, sehingga dapat diperbaiki dalam waktu dekat hanya dengan mengupgrade software.

Penulis : Uteng Iskandar

 

6 Responses to “Baterai BlackBerry Dakota & Montana Boros?”

  1. November 18, 2011 at 3:05 pm

    bukannya bb tu memang “boros batre”,android juga kan?

  2. December 6, 2011 at 9:32 am

    di bb apollo 9360 juga boros batrray nya,

  3. December 15, 2011 at 8:16 am

    @ bro matasto

    android jauh lebih irit bro daripada bb… q pake w8 ajah 24jam lebih n posisi stay online cuman abis 60% daya batre..

  4. February 10, 2012 at 4:28 pm

    Dahulu kala Blackberry Vs iphone dalam segi batre memang blackberry wins dibanding iphone dan begitu pula jaman onyx 2 / onyx 1 batre blackberry lebih tahan lama dibandingkan dengan headset2 android(pas awal)

    lama2 blackberry mengupgrade variant handsetnya ke yg lebih muthahir alhasil sekarang varian BB OS-7 sangat boros dan gak ada ubahnya bahkan sedikit lebih worse dari kebanyakan android(dari segi batre)

    dan saya pengguna blackberry dakota 9900 setelah upgrade dari 9780 (onyx 2) memang dari segi kemampuan dakota lebih baik dari onyx 2 tapi sama sekali tidak didukung dengan kekuatan batre yg memadai… sayang dengan harga demikian mahal banyak android2 lain yg lebih baik dari dakota

    tapi apa mau dikata, negara ini sangat aneh dan sangat tergantung dengan blackberry, banyak orang bukan menanyakan nomer telepon akan tetapi PIN blackberry terlebih dahulu dan rata2 mayoritas menggunakan blackberry sehingga sayapun terpaksa menggunakan blackberry. bilamana pengguna blackberry seperti di eropa yg hanya segelintir orang sayapun akan berpindah ke android yg jauh lebih fun dari dakota ini

  5. February 26, 2012 at 12:27 pm

    Baru beli Dakota 9900, kecewa bgt sama baterenya. Cm kerennya Aja yg Ada.

  6. April 11, 2012 at 11:42 pm

    Dakota sucks lah baru pake bentar turun 25 persen, ga worth lah dgn harga nya yang mahal

Leave a Reply