Tips Beli Hp Layar Sentuh Merek Lokal

Siapa bilang belanja hp layar sentuh lokal mudah? Ternyata perlu pengetahuan tersendiri, agar tak kecewa di kemudian hari.

Beragam hp lokal dengan model layar sentuh, kini sedang menjadi tren di pasar. Hampir semua vendor lokal ikut meramaikan segmen hp murah bergenre sapuan di layar ini. Desainnya unik dan menarik. Ada yang menyukai model oval, ada pula yang semi kotak. Tinggal pilih saja yang menarik dan unik sesuai dengan karaktermu.

Bicara rentang harga, kamu tak perlu kuatir. Mayoritas harganya masih di bawah 800 ribuan. Fitur menarik lainnya, seperti TV analog, pun juga sudah disematkan. So, buat pekerja lapangan pun, tetap bisa menikmati siaran TV kesayangan kapan saja di mana saja.

Tapi tahukah kamu, memilih hp layar sentuh dengan merek lokal pun tidak boleh sembarangan. Bisa jadi, kekecewaan akan muncul ketika hp sudah dibawa pulang. Kuncinya jangan terlalu bernafsu untuk membeli, tanpa langkah-langkah yang disarankan SINYAL berikut ini.

1. Jenis layar
Jenis layar adalah aspek yang boleh dibilang sebagai prioritas ketika berburu hp layar sentuh. Jenis layar menentukan tingkat sensitifitas ketika mengakses menu dan fitur. Memang, mayoritas layar sentuh di hp merek lokal masih menggunakan jenis layar resistif. Tingkat kepekaannya baru pas untuk stylus yang runcing, bukan sentuhan jemari.

Berbeda dengan layar kapasitif yang memang lebih peka dengan sentuhan jemari, sehingga lebih mudah dikalibrasi tanpa harus menggunakan alat tambahan. Tetapi masalahnya, untuk hp layar sentuh kapasitif di merek lokal masih jarang. Salah satu yang SINYAL temukan adalah Nexian Champion – layarnya terbilang cukup responsif berkat layar kapasitifnya.

2. Luas layar
Faktor luas layar juga penting di hp layar sentuh. Kalau sempit, maka pandangan mata juga kurang leluasa. Mengakses internet juga jadi kurang nyaman. Hp layar sentuh yang lega biasanya memiliki luas layar di atas 3 inci. Pengguna yang memiliki jemari besar pun, masih nyaman melakukan ‘tap’ saat browsing.

3. Fokus pada fitur
Ada satu hal yang tidak kalah penting ketika berburu hp layar sentuh: Kamu harus fokus pada fitur dan aplikasi yang tersedia. Cari yang memang sesuai dengan kebutuhanmu. Contohnya, jika kamu menginginkan hp layar sentuh lengkap dengan fitur multimedia, maka prioritaskan yang memiliki kinerja bagus di sektor itu. Kamu bisa agak mengabaikan sektor desain – meskipun bukan berarti tidak penting – bila memang multimedia menjadi acuan utama. Namun bila beruntung, kamu bisa mendapatkan keduanya.

Ada lagi iming-iming yang cukup menggiurkan: Paket bundling hp dengan operator. Faktor inilah yang bisa menggoyahkan iman saat membeli. Apalagi jika kamu teracuni bujuk rayu si penjual. Tanpa sadar hp yang diincar SIM-nya dikunci atau tidak. Padahal, bila dikunci oleh operator, pasti tak leluasa memilih operator yang ingin dipakai. Meski lazimnya hp layar sentuh berteknologi Dual SIM, tetap saja keharusan memakai satu operator tertentu bisa menyulitkan.

4. Beli juga screenguard
Setelah tiga langkah awal itu kamu lakukan, maka tinggal siapkan kocek tambahan untuk membeli aksesoris. Yakni screenguard a.k.a pelindung kaca yang bisa melindungi layar hp supaya tahan goresan. Sebab, layar akan sering digesek dan diakses baik dengan stylus atau bahkan ujung pena. Dengan anti gores, benturan ringan bukan masalah berarti. Nah, tanpa anti gores, layar touchscreen bisa baret dan lama kelamaan mengganggu pengguna saat ingin mengakses fiturnya.

5. Layanan purna jual
Layanan purna jual tak boleh diabaikan. Pada prinsipnya, garansilah yang menjadi jaminan hp layar sentuh yang kamu beli. Seandainya ada hal-hal yang tidak diinginkan berupa kerusakan hardware ataupun software, kamu bisa langsung mendatangi service centre terkait untuk mengklaim kerusakan di handset. Maka carilah yang punya jaringan service centre yang luas dan sudah teruji.

Penulis : priyo

 

7 Responses to “Tips Beli Hp Layar Sentuh Merek Lokal”

  1. July 21, 2011 at 5:46 pm

    S.I.N.Y.A.L… : Saya mau Tanya.. !? ( saya punya HP Samsung Galaxy Mini ) pertayann.y : BAgaimana Caranya untuk NONaktifkan Androidnya.. ??? Soalnya Selalu Dia makan Pulsa.y KArtu,ku.. !!! Mohon jawabannya.. :’(

    balas d,email aku aja ya.. ( angelby@hotmail.co.id ) Thank’s.

    • July 26, 2011 at 6:21 pm

      tekan ‘setting’ + ‘wireless & networks’ + ‘data enabled’ dan ‘alwaus connect to mobile network’ dihilangkan conteng, kemudian setting lagi +’accounts & sync’ + ‘background data’ dihilangkan conteng. Selesai.

    • February 22, 2012 at 12:48 pm

      iya saya juga pny galaxy mini…emang nguras pulsa…!!

  2. July 28, 2011 at 1:57 pm

    SINYAL…

    dari tips2/langkah2 seblm membeli Hp layar sentuh merek lokal,bisa g ksh recommendasi Hp lokal merk apa yg sekirax memenuhi kreteria dng tips2 yg dsarankan SINYAL

    thanks

  3. August 11, 2011 at 5:49 pm

    SINYAL…
    mau nanya, kalo beli IMO B9200 gimana tuh?? mengenai kualitas hp, layar, and multimedianya..
    bagus ng’ga ya??

  4. August 12, 2011 at 4:28 am

    untuk hp layar sentuh lokal yang layarnya cukup sensitif dan kuat, kira2 jenis apa ya?? Maklum saya belum pernah pegang hp layar sentuh…:)
    Mohon informasinya…

  5. September 6, 2011 at 8:05 pm

    hp layar sentuh

Leave a Reply